Party of Public Relations 2025: Generasi Muda Saatnya Beraksi, Berdampak Untuk Negeri
JOGJA, Rabu (21/05) - Konsentrasi Public Relations Program Studi Ilmu Komunikasi Fakultas Ilmu Sosial dan Humaniora (FISHUM) UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta kembali menyelenggarakan event tahunan mereka “Party of Public Relations” (POP) di tahun 2025 ini. Event ini digagas sebagai wadah bagi mahasiswa dan pelajar tingkat SMA/Sederajat se-Indonesia dalam mengekspresikan serta menunjukkan kemampuannya di bidang komunikasi, khususnya Public Relations.
Tahun ini, kepanitiaan POP 2025 adalah para Mahasiswa Ilmu Komunikasi Angkatan 2023 dan fokus event diarahkan ke ranah ekonomi kreatif dengan mengusung tema besar “Public Relations Strategies For Creative Economy”. Berbagai acara bakal digelar pada event ini, mulai dari Grand Opening & Fun Walk, Workshop Wirausaha bertemakan “POP Calls Young Enterpreneur”, Lomba, hingga Awarding Night sebagai penutupan.
Tema Ekonomi Kreatif dipilih karena melihat tantangan serius yang dihadapi Indonesia di bidang kemandirian ekonomi sehingga perlu adanya strategi komunikasi yang efektif dalam membangun dan menguatkan industri ekonomi kreatif ini, terlebih pada kalangan anak muda.
“Tema ini diangkat karena Indonesia sedang menghadapi tantangan serius dalam membangun kemandirian ekonomi, terutama pada sektor UMKM dan ekonomi kreatif. Tantangan ini menunjukkan perlunya strategi komunikasi yang efektif untuk mengubah mentalitas masyarakat, khususnya anak muda, meningkatkan branding, dan memperluas pasar produk lokal”, ujar Ketua Panitia POP 2025, Himawan Wicaksono.
Acara yang sedang berlangsung yakni POP Competition yang terdiri atas 4 mata lomba, yaitu PR Campaign Akasia (Kampanye PR), Hivecomp (Bussines Plan), Nectar (News Anchor), dan Honey (Short Movie). Pendaftaran dan pengumpulan karya dibuka dari tanggal 14 April 2025 hingga 7 Mei 2025. Semua lomba diperuntukkan untuk mahasiswa, sementara untuk Pelajar SMA/Sederajat hanya bisa mendaftar pada lomba Nectar dan Honey. Kompetisi ini dilangsungkan secara online (Nectar dan Honey) dan hybrid (PR Campaign Akasia dan Hivecomp) di Gedung Kuliah Terpadu (GKT) UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta
Grand Opening & Fun Walk sebagai langkah awal dalam menciptakan momentum yang kuat serta citra positif strategi Public Relations bakal diselenggarakan pada tanggal 18 Mei 2025 mendatang bertempat di halaman Poliklinik UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta. Dilanjutkan tiga hari setelahnya yaikni tanggal 21 Mei 2025, Workshop Wirausaha dengan tema “POP Calls Young Enterpreneur” yang dihadiri tiga narasumber di bidangnya, di antaranya: Ibu Dyah Laily Fardisa (Owner Bolosego), Bapak Agus Mulyono S.P,M.T selaku Sekretaris Dinas Koperasi dan UKM DIY, dan Cellano Chandra (PR & Marketing Communications) berlangsung di Convention Hall Lantai 2 UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta.
Rangkaian acara POP 2025 ditutup dengan malam puncak “Awarding Night” pada tanggal 28 Mei 2025 bertempat di Convention Hall Lantai 2 UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta salah satu rangkaian acaranya yaitu pengumuman dan penghargaan kejuaraan perlombaan POP 2025 dengan diiringi berbagai macam hiburan, berupa Tari, Perform Band, dan Mini Drama Musikal dalam rangkaian acaranya.
Harapan dari terselenggaranya event POP 2025 ini agar menjadi pendorong semangat bagi para audiens terkhusus kalangan anak muda (mahasiswa dan pelajar) untuk turut serta berkontribusi dalam memajukan perekonomian Indonesia
“Kita berharap, setiap audiens yangg ikut event ini, terkhusus para anak muda di Indonesia dapat termotivasi bergerak pada bidang ekonomi kreatif di Indonesia”, pungkas Himawan. (tim/med/red)