Public Relations

Sebagai salah satu dari komponen pemasaran, Public Relations mengkaji mengenai bagaimana menciptakan citra baik terhadap organisasi. Terbentuknya citra baik publik terhadap organisasi nantinya akan berimbas pada pemasaran produk karena adanya kepercayaan yang terbentuk. Kajian-kajian Public Relations-pun berkenaan mengenai komunikasi yang dapat menanamkan pengertian, menumbukan motivasi partisipasi guna menanamkan kepercayaan, saling adanya pengertian dan citra yang baik dari publiknya.  

Konsentrasi Public Relations Program Studi Ilmu Komunikasi UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta kemudian berkenaan dengan proses perencanaan program Public Relations, Eksekusi program kerja, hingga pada pengawasan efektivitas dari program pembangunan citra baik publik terhadap organisasi. Adapun mata kuliah yang digunakan untuk menguatkan ketiga tahapan tersebut, Konsentrasi Public Relations Program Studi Ilmu Komunikasi UIN Sunan Kalijaga dibekali dengan mata kuliah Public Speaking dan presentasi, Manajemen Krisis, Etika Profesi PR, Manajemen PR, Riset PR, Produksi Media PR, Protokol dan MC, Penulisan PR, CSR, Kapita Selekta PR, Lobby dan Negosiasi,Event of PR, Human Relations, dan Fotografi PR.

Selain penguatan pada kompetensi akademik dengan memperkenalkan mata kuliah mengenai dunia Public Relations, Konsentrasi Public Relations dari Program Studi Ilmu Komunikasi UIN Sunan Kalijaga juga mendorong mahasiswanya untuk ikut berkompetisi dalam Event PR baik Lokal, Nasional mapun Internasional. Bukan hanya ikut serta sebagai peserta dalam sebuah kompetisi Advertising, mahasiswa juga didorong untuk membuat event yang dilaksanakan tiap tahunnya. Selain itu, pada semester 7 mahasiswa diwajibkan untuk mengambil magang yang mengharuskan mereka untuk kenal lebih dekat dengan karier dalam dunia PR.