Program Studi Ilmu Komunikasi adalah salah satu dari Program Studi yang berada di bawah Fakultas Ilmu Sosial dan Humaniora UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta. Cabang Ilmu Komunikasi merupakan sebuah kajian yang sangat luas, pasalnya dalam kehidupan sehari-haripun manusia tidak bisa terlepas dari komunikasi itu sendiri. Lihat saja bagaimana ranah komunikasi yang dilakukan oleh manusia dalam kehidupan sehari-hari, mulai dari bentuk komunikasi intrapersonal (dengan diri sendiri) yang mereka lakukan dengan mengelola segala informasi yang didapatkannya dalam alam pemikiran mereka. Kemudian bagaimana manusia sebagai mahluk sosial yang tidak bisa terlepas dari interaksinya dengan manusia lainnya yang mengharuskannya melakukan bentuk komunikasi interpersonal, kelompok, organisasi hingga kebutuhan mereka melakukan komunikasi massa.
Program Studi Sarjana Ilmu Komunikasi memiliki visi menjadi Program Studi yang “Menjadi program studi yang unggul dan terkemuka dalam pemaduan dan pengembangan studi keislaman dan keilmuan komunikasi bagi peradaban”. Sasaran akhir dari Program Studi Sarjana Ilmu Komunikasi (BCS), yakni menghasilkan lulusan yang memiliki daya saing tinggi serta mampu mengaplikasikan keilmuan ilmu komunikasi di masyarakat luas untuk mengembangkan indutri di Indonesia, berikut ini kompetensi inti lulusan Program Studi Ilmu Komunikasi (BCS):
a. Peneliti Komunikasi : Peneliti di bidang Komunikasi baik dalam kajian Ilmu Komunikasi maupun Komunikasi Terapan (Ekonomi, Sosial, Politik dan Budaya) dan interdisipliner.
b. Praktisi Public Relations Officer : Praktisi dan konsultan Public Relations yang profesional, mempunyai kemampuan komunikasi publik, mampu menjalin hubungan dengan stakeholders, mempunyai jiwa manajerial, mempunyai kemampuan melaksanakan komunikasi strategik.
c. Praktisi Advertiser: Praktisi dan konsultan periklanan yang profesional, mempunyai kemampuan membuat desain iklan, mempunyai jiwa kreatif, inovatif dan produktif, mempunyai kemampuan manajerial serta komunikasi yang baik, untuk kepentingan lokal menuju global.
Keluasan dari turunan kajian Ilmu Komunikasi, mendorong Program Studi Ilmu Komunikasi FISHUM UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta untuk terkonsentrasi pada dua turunan kajian Ilmu Komunikasi, yakni Advertising dan Public Relations. Advertising adalah salah satu dari komponen pemasaran yang digunakan untuk melancarkan komunikasi persuasif terhadap publik yang menjadi target. Advertising kemudian merupakan salah satu komunikasi untuk memenuhi fungsi pemasaran yang digunakan untuk membujuk konsumen supaya berperilaku sedemikian rupa sesuai dengan strategi pemasaran pada perusahaan untuk mendapatkan penjualan dan laba. Public Relations mengkaji mengenai bagaimana menciptakan citra baik terhadap organisasi. Terbentuknya citra baik publik terhadap organisasi nantinya akan berimbas pada pemasaran produk karena adanya kepercayaan yang terbentuk. Kajian-kajian Public Relations-pun berkenaan mengenai komunikasi yang dapat menanamkan pengertian, menumbukan motivasi partisipasi guna menanamkan kepercayaan, saling adanya pengertian dan citra yang baik dari publiknya.
Berangkat dari dua konsentrasi tersebut, kurikulum dalam Program Studi Ilmu Komunikasi FISHUM UIN Sunan Kalijaga disusun untuk membentuk mahasiswa yang nantinya akan memiliki kapasitas sebagai Praktisi di bidang komunikasi, menguasai teknik-teknik komunikasi, menguasai keterampilan terapan komunikasi, kreatif dan inovatif; Konsultan dan Peneliti di bidang Komunikasi baik dalam kajian Ilmu Komunikasi maupun Komunikasi Terapan dan interdisipliner; Praktisi kehumasan yang profesional, mempunyai kemampuan komunikasi publik, mampu menjalin hubungan dengan stakeholders, mempunyai jiwa manajerial, mempunyai kemampuan melaksanakan komunikasi strategic; Praktisi periklanan yang profesional, mempunyai kemampuan membuat desain iklan, mempunyai jiwa kreatif, inovatif dan produktif, mempunyai kemampuan manajerial serta komunikasi yang baik.
Capaian pembelajaran lulusan sebagai turunan dari profil lulusan, dapat dilihat dalam rekapitulasi mata kuliah yang ada dalam Program Studi Ilmu Komunikasi seperti pada tabel berikut :
Rekapitulasi Mata Kuliah
No |
Nama Mata Kuliah |
Semester |
||||||
1 |
2 |
3 |
4 |
5 |
6 |
7 |
||
1 |
Pengantar Studi Islam |
√ |
||||||
2 |
Pancasila |
√ |
||||||
3 |
Bahasa Indonesia |
√ |
||||||
4 |
Peradaban Islam |
√ |
||||||
5 |
Ulum Al-Qur’an |
√ |
||||||
6 |
Dasar-dasar Advertising |
√ |
||||||
7 |
Pengantar Ilmu Komunikasi |
√ |
||||||
8 |
Broadcasting |
√ |
||||||
9 |
Kewarganegaraan |
√ |
||||||
10 |
Ulum Al-Hadist |
√ |
||||||
11 |
Perspektif Dan Teori Komunikasi |
√ |
||||||
12 |
Psikologi Komunikasi |
√ |
||||||
13 |
Filsafat Dan Etika Komunikasi |
√ |
||||||
14 |
Komunikasi Antar Pribadi |
√ |
||||||
15 |
Komunikasi Massa |
√ |
||||||
16 |
Jurnalistik |
√ |
||||||
17 |
Dasar-dasar PR |
√ |
||||||
18 |
Islam Dan Sains |
√ |
||||||
19 |
Islam Dan Sosial Humaniora |
√ |
||||||
20 |
MP Kuantitatif |
√ |
||||||
21 |
Komunikasi Politik |
√ |
||||||
22 |
Perkembangan Teknologi Komunikasi |
√ |
||||||
23 |
Sosiologi Komunikasi |
√ |
||||||
24 |
Komunikasi Organisasi |
√ |
||||||
25 |
Desain Komunikasi Visual |
√ |
||||||
26 |
Perencanaan Kreatif Iklan |
√ |
||||||
27 |
Perencanaan Media Iklan |
√ |
||||||
28 |
Fotografi dan Dokumentasi PR |
√ |
||||||
29 |
Media Relations |
√ |
||||||
30 |
Manajemen PR |
√ |
||||||
31 |
MP Kualitatif |
√ |
||||||
32 |
Manajemen Media Massa & Media Online |
√ |
||||||
33 |
Komunikasi Profetik |
√ |
||||||
34 |
Komunikasi Lintas Budaya & Agama |
√ |
||||||
35 |
Komunikasi Strategik |
√ |
||||||
36 |
New Media Iklan |
√ |
||||||
37 |
Copy Writing |
√ |
||||||
38 |
Teknik Presentasi Periklanan |
√ |
||||||
39 |
Client Handling |
√ |
||||||
40 |
Fotografi Dan Produksi Iklan |
√ |
||||||
41 |
Cyber PR |
√ |
||||||
42 |
Produksi Media PR |
√ |
||||||
43 |
Public Speaking dan presentasi |
√ |
||||||
44 |
Penulisan PR |
√ |
||||||
45 |
Event Of PR |
√ |
||||||
46 |
Komunikasi Pemasaran |
√ |
||||||
47 |
Kewirausahaan |
√ |
||||||
48 |
Komunikasi Bencana |
√ |
||||||
49 |
Kampanye PR |
√ |
||||||
50 |
Media Monitoring |
√ |
||||||
51 |
CSR |
√ |
||||||
52 |
Manajemen Krisis |
√ |
||||||
53 |
Riset PR |
√ |
||||||
54 |
Perilaku Konsumen |
√ |
||||||
55 |
Creative Thinking |
√ |
||||||
56 |
Digital Marketing |
√ |
||||||
57 |
Strategi Dan Data Analytics |
√ |
||||||
58 |
Riset Dan Media Buying |
√ |
||||||
59 |
Komunikasi Pemberdayaan |
√ |
||||||
60 |
Aplikasi Riset Komunikasi |
√ |
||||||
61 |
Anthropology And Management Brand |
√ |
||||||
62 |
Komunikasi Pariwisata |
√ |
||||||
63 |
Sport Communication |
√ |
||||||
64 |
Komunikasi Keluarga |
√ |
||||||
65 |
Kapita Selekta PR |
√ |
||||||
66 |
Kapita Selekta ADV |
√ |
||||||
67 |
Skripsi |
√ |
||||||
68 |
KKN |
√ |
||||||
69 |
KKK |
√ |