Advertising

Advertising adalah  salah satu dari komponen pemasaran yang digunakan untuk melancarkan komunikasi persuasif terhadap publik yang menjadi target. Advertising kemudian merupakan salah satu komunikasi untuk memenuhi fungsi pemasaran yang digunakan untuk membujuk konsumen supaya berperilaku sedemikian rupa sesuai dengan strategi pemasaran pada perusahaan untuk mendapatkan penjualan dan laba. Didalam kajiannya ditemukan unsur seni berkomunikasi baik secara verbal maupun non-verbal.

Konsentrasi Advertising pada Program Studi Ilmu Komunikasi UIN Sunan Kalijaga sendiri berfokus pada proses kajian mengenai perencanaan strategis, eksekusi produksi hingga penguatan instrumen pengawasan efektivitas dari tiap elemen dalam kampanye iklan. Untuk melengkapi ketiga tahapan tersebut, Program Studi Ilmu Komunikasi UIN Sunan Kalijaga membekali mahasiswa dengan amunisi kajian mengenai Manajemen Advertising, Riset Media Buying, Perencanaan Media Iklan, Perencanaan Kreatif Iklan, Produksi Iklan, Copy Writing, Desain Komunikasi, Fotografi Periklanan, Hukum dan Etika Periklanan, Teknik Presentasi Periklanan dan Kapita Selekta Advertising

Selain penguatan pada kompetensi akademik dengan memperkenalkan mata kuliah mengenai dunia Advertising, Program Studi Ilmu Komunikasi Konsentrasi Advertising juga mendorong mahasiswanya untuk ikut berkompetisi dalam Event Advertising baik Lokal, Nasional mapun Internasional. Bukan hanya ikut serta sebagai peserta dalam sebuah kompetisi Advertising, mahasiswa juga didorong untuk membuat event tahunan nasional ADUIN menjadi sebuah media tersendiri bagi mahasiswa Advertising Program Studi Ilmu Komunikasi UIN Sunan Kalijaga untuk ikut andil dalam proses pengenalan terhadap dunia periklanan. Selain itu, pada semester 7 mahasiswa diwajibkan untuk mengambil magang yang mengharuskan mereka untuk kenal lebih dekat dengan karier dalam dunia Advertising.