Kuliah Umum Prodi Ilmu Komunikasi Ajak Mahasiswa Bedah Peran PR dan Advertising di Industri Kreatif

YOGYAKARTA – Program Studi Ilmu Komunikasi Fakultas Ilmu Sosial dan Humaniora (FISHUM) UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta kembali menyelenggarakan kegiatan akademik strategis bagi mahasiswanya. Prodi menggelar Kuliah Umum bertajuk "Mengenal PR dari Advertising: Saat Komunikasi Jadi Kunci Pengaruh di Dunia Industri Kreatif" pada Selasa, 18 November 2025.

Kegiatan yang bertempat di Conference Room (IC) Lantai 1 FISHUM ini berlangsung sejak pukul 08.00 hingga 13.30 WIB. Kuliah umum ini dirancang untuk merespons dinamika industri kreatif yang semakin kabur batasannya antara fungsi kehumasan (Public Relations) dan periklanan (Advertising).

Dalam kuliah umum ini, Program Studi Ilmu Komunikasi menghadirkan narasumber ahli, Muhammad Chandra Kurniyawan, S.Sos., M.I.Kom. Jalannya diskusi yang interaktif dipandu oleh moderator Anindya Septiana Arfiani, S.I.Kom, M.Sos.

Fokus utama materi yang disampaikan adalah memberikan wawasan mendalam mengenai bagaimana peran PR dan Advertising saling beririsan dalam praktik profesional. Mahasiswa diajak untuk memahami strategi komunikasi yang paling efektif untuk membangun pengaruh (influence) di tengah industri kreatif yang bergerak cepat.

Antusiasme mahasiswa terlihat dari kehadiran mereka dalam menyimak paparan mengenai kunci pengaruh dalam komunikasi industri. Dengan terselenggaranya acara ini, diharapkan mahasiswa Ilmu Komunikasi UIN Sunan Kalijaga memiliki bekal pemahaman praktis yang kuat mengenai integrasi komunikasi pemasaran dan korporat sebelum terjun ke dunia kerja. (K.Ind)