Fasilitas
Unit
Senin, 22 Mei 2017 11:18:00 WIB Dilihat : 128 kali

Oleh:Venty Erla Erwanda,Faza Aulia

Monjali adalah sebuah museum sejarah perjuangan kemerdekaan Republik Indonesia yang ada di kota Yogyakarta. Monumen dengan bentuk kerucut ini dibangun pada tanggal 29 Juni 1985. Sebagai museum yang berdiri sejak 1985, Monjali tentunya sudah dikenal luas oleh masyarakat dari berbagai daerah. Saat ini kawasan Monjali sudah dilengkapi dengan taman lampion warna warni yang dikenal oleh masyarakat sebagai taman pelangi.

Dengan hadirnya taman lampion dikawasan Monjali, semakin menarik minat pengunjung yang datang ke tempat ini. Pengunjung yang datang ke Monjali terbilang cukup banyak dan berasal dari berbagai daerah, mulai dari anak-anak, pelajar, hingga dewasa. Pengunjung ramai-ramai datang ke Monjali biasanya selain untuk berlibur, mereka juga datang untuk study tour. Seperti yang kita tahu bahwa Monjali merupakan monumen bersejarah Indonesia. Motivasi mereka berkunjung pun beragam. “Monjali ini merupakan tempat yang cocok untuk dikunjungi saat kita berada di Jogja. Dari bentuk dan namanya saja sudah menarik perhatian kita untuk kesini. Jadi, rasanya kalau ke Jogja itu gak lengkap kalau belum datang kesini” Ujar Afrina, pelajar SMA dari Cirebon.

Selain tempatnya yang bagus, Monjali ini layak untuk dikunjungi karena selain kita dapat refreshing, kita sekaligus mendapatkan wawasan dan ilmu pengetahuan terkait dengan sejarah berdirinya Monumen Jogja kembali (Monjali) ini. Monjali dengan berbagai fasilitas pendukung seperti taman lampion, membuat Monjali menjadi pilihan tempat rekreasi bagi keluarga maupun sekolah-sekolah di akhir pekan. Dengan harga tiket masuk yang terjangkau, Monjali menjadi pilihan wisata edukatif yang tentunya menyenangkan.

Berkaitan dengan hal itu, biasanya pihak Monjali mengadakan acara seperti nonton bareng film yang pada waktu itu film yang disajikan adalah serangan umum 1 Maret. Dimana film itu menceritakan tentang perjuangan rakyat Indonesia mempertahankan kemerdekaan Indonesia. Seperti yang dikatakan oleh ibu Sri Rumiyati, seorang pensiunan guru SD di Bantul, bahwa Monjali menjadi tempat wisata utama yang harus dituju di Jogja. “Karena selain tempatnya yang mudah dijangkau oleh kendaraan, kita juga mendapatkan ilmu. Anak-anak didik yang study tour ke Monjali juga akan merasa senang karena banyak fasilitas yang disediakan disini” ujarnya.*

Kolom Terkait

Kolom Terpopuler

Arsip Pengumuman
Arsip Berita
Arsip Agenda
Arsip Kolom